Multiple Screen di Linux, saya menggunakan Slackware

Secara default, linux terdiri dari satu buah screen atau GUI aktif saja, dan 4 buah virtual console active. Virtual Console di linux dapat diakses menggunakan tombol (Ctrl+Alt)+F1 atau F4, selain itu di virtual console dapat berpindah dari satu virtual console ke virtual console lainnya dengan menggunakan kombinasi Ctrl+Alt+F5. Secara default, default screen GUI Linux dapat diakses menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F7, semisal jika saya menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F1, maka saya akan berpindah ke virtual console 1(tty1). Namun jika saya ingin kembali ke screen default (exp: fluxbox) maka saya bisa mengkombinasikan tombol Ctrl+Alt+F7, dan saya akan menemukan tampilan screen default kesayangan saya.

Virtual screen dapat diaktifkan lebih dari satu buah, sehingga seseorang bisa login lebih dari satu user berbeda/sama pada mode GUI. Seseorang juga bisa berpindah-pindah / aktif di antara active virtual screen dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+(F5=F8). Saat seseorang login di tty1 (virtual console 1), dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F1, maka akan keluar prompt login, masuk sebagai user yang diijinkan untuk menggunakan / login ke mesin tersebut. Masukkan username dan password dengan benar, kemudian jalankan perintah:

$ startx — :1

argumen terakhir perintah tersebut di atas (:1) adalah nomer screen yang akan digunakan oleh user tersebut. Pada mesin saya, perintah tersebut akan mengaktifkan virtual screen di Screen pertama, untuk berpindah kepadanya bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F5. Jika ingin menuju ke virtual screen default maka bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F7.

Multiple Screen sangat berguna bagi mereka yang ingin mempresentasikan documen pptnya, atau ingin mencoba program di environment Window managar dan window desktop yang berbeda.

Alhamdulillahil ladzi bini’matihi tatimush sholihat. Dan semoga bermanfaat postingnya Amiin.

Powered by Bleezer

Silahkan Komentar ... !

