Instalasi 2 atau lebih firefox di Sistem Operasi Linux

Setelah membaca berita di halaman depan temanmacet.com mengenai isi podcast terbaru yaitu mengenai webGL. Pada catatan podcast tersebut tertulis:

  Notes
    Browser yang sudah mendukung WebGL: Chrome 10 dan Firefox 4.

Hmmm, sedangkan versi firefox yang terinstall di linux kami adalah versi3.6. Dan mengenai firefox versi 4, kami pernah mendapati addon firebug rekan kami (pengguna windows) yang menggunakan firefox4 tidak berjalan dengan sempurna. Firebug console tidak menampilkan proses javascript yang sedang berjalan.

Dari informasi di www.temanmacet.com membuat kami ingin mencoba teknologi webGL, namun sayang terkendala dengan versi firefoxnya. Kami tidak ingin membuang firefox 3.6 karena alasan pekerjaan kami sebagai web developer, firefox 3.6 beberapa addon firefox sudah teruji dan yang terpenting beberapa addon tersebut telah memudahkan pekerjaan kami dalam membangun atau mengembangkan aplikasi berbasis web. Namun ada  alternatif kedua yaitu menginstall dua versi firefox dalam mesin yang sama. Tetapi bagaimanakah cara melakukannya di linux ???.

Setelah melakukan pencarian di google.com, kami menemukan beberapa artikel yang membahas instalasi multiple versi di firefox. Kami akan jelaskan secara ringkas sebagai berikut:

.> Download firefox terbaru (saat tulisan ini, versi 4), http://www.mozilla.com/products/download.html?product=firefox-4.0.1&os=linux&lang=en-US

.> Extract file tar.gz di /opt, dan rename folder hasil extract dengan nama folder firefox4.

.> Buat Profile untuk masing-masing versi firefox (3.6 dan 4) dengan cara ketik di console ‘firefox -profilemanager‘, saat mengeksekusi perintah tersebut harus tidak ada firefox yang berjalan atau dijalankan. Karena jika terdapat firefox yang masih berjalan jendela Profile Manager tidak akan terbuka. Setelah jendela Profile Manager terbuka, rename profile ‘default’ menjadi nama profile untuk firefox3.6 misalkan “firefox3.6”, kemudian tambahkan satu lagi profile baru, dengan cara tekan tombol Add, beri nama untuk profile firefox versi 4 misalkan “firefox4”.

.> Coba jalankan melalui shell/terminal/CLI masing-masing versi firefox dengan menggunakan profile yang telah dibuat. Caranya:

/opt/firefox4/firefox -no-remote -P “firefox4”  –> perintah untuk menjalankan firefox versi 4.

/usr/bin/firefox -no-remote -P “firefox3.6” –> perintah  untuk menjalankan firefox versi 3.6 atau firefox bawaan sistem operasi.

.> Jika semua perintah tersebut bisa dijalankan, maka tinggal di-paste di launcher Application.

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin.

Wallahu ta’ala ‘alam bishshowwab.

Silahkan Komentar ... !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s