Error Eclipse: Could not open the editor: The editor class could not be instantiated. This usually indicates a missing no-arg constructor or that the editor’s class name was mistyped in plugin.xml.

Saat ini saya dalam melakukan pekerjaan pengembangan program aplikasi terkadang (lebih sering) menggunakan IDE Eclipse dan versi Eclipse yang saya gunakan adalah Eclipse SDK Version: 3.7.0. Pekerjaan sudah menanti, saya jalankan eclipse kemudian terjadi error dengan pesan Could not open the editor: The editor class could not be instantiated. This usually indicates a missing no-arg constructor or that the editor’s class name was mistyped in plugin.xml. bla bla bla …. Padahal sehari sebelumnya eclipse saya berjalan normal-normal saja.

Cari tahu di google, dengan cara paste error di input text nya. Setelah baca sana-sini, saatnya untuk mencoba ilmu yang telah didapat, salah satu solusi dari pencarian google adalah menghapus file .metadata/.plugins/org.eclipse.jdt.core/variablesAndContainers.dat di direktori workspace yang saya gunakan untuk bekerja.

Alhamdulilah setelah file .metadata/.plugins/org.eclipse.jdt.core/variablesAndContainers.dat dihapus, eclipse berjalan dengan normal lagi.

Silahkan Komentar ... !

