Instalasi QiOO – Qur’an in OpenOffice

Suatu ketika saya dan teman ngaji berkunjung disalah satu pondok pesantren di gresik, yaitu Mahad Darul Atsar, Panceng yang di asuh oleh Ustadz Abul Harits Kholiful Hadi. Pada kunjungan tersebut kami berdua berkenalan dengan beberapa santri, ada Abu Abdillah, Akhi Solihin, Abu Dujana, Akhi Karim dan lainnya yang saya lupa namanya. Kunjungan kami ke Mahad Darul Atsar adalah dengan tujuan instalasi dan pelatihan penggunaan linux, karena mereka tidak ingin untuk urusan dakwah menggunakan software curian (windows XP bajakan, microsoft Office bajakan, dll) dan walhamdulillah setelah pelatihan tersebut banyak para santri beralih menggunakan linux untuk laptop dan PCnya.

Saat instalasi Ada 4 PC yang kami pasang Linux Ubuntu Sabily 9.10 dan 2 PC menggunakan Linux Ubuntu 8.10. Pelatihan yang kami lakukan adalah seputar OpenOffice untuk penulisan arab, desain cover buku dan CD menggunakan GIMP dan Inkscape, Edit rekaman audio menggunakan Audacity, dan cara instalasi Linux Ubuntu di PC. Alhamdulillah instalasi dan pelatihan dapat dilakukan dengan sedikit kendala. Terima kasih untuk Ust. Kholiful Hadi yang rela memberikan waktu pelajarannya kepada kami untuk melakukkan instalasi dan pelatihan.

Saat di senggangnya waktu, saya, Abu Abdillah dan Akhi Solihin berbincang-bincang dan mereka mengeluhkan tentang penulisan buku pelajaran atau kitab atau risalah yang harus memasukkan ayat-ayat Al Qur’an, mereka harus melakukan copy paste dari aplikasi penampil Al Qur’an. Dari keluhan mereka saya teringat dengan satu extension OpenOffice dan LibreOffice bernama QiOO. Instalasi pun kami lakukan, yaitu dengan cara :

  1. Download QiOO di http://code.google.com/p/qioo/downloads/list atau http://qioo.googlecode.com/files/QiOO-0.303b.zip.
  2. Ekstrak file Zip yang telah terdownload, isi dari hasil ekstrak kurang lebih seperti berikut: CHANGELOG, QiOO-0.4b.oxt, README.txt, ScheherazadeRegOT.ttf.
  3. Buka OpenOffice atau LibreOffice, klik Tools > Extension Manager … > Add …, cari lokasi folder hasil ekstrak. Dan klik Open. Tunggu sampai Instalasi Extension selesai.
  4. Tutup OpenOffice, Buka kembali OpenOffice. Maka pada menubar muncul tambahan menu Al Quran.
  5. Selesai. Wallahu ta’ala ‘alam bishowwab.

Instalasi QiOO di LibreOffice

Pilih surat dari QiOO

hasil dari QiOO

Alhamdulillah QiOO dapat membantu pengeditan atau penulisan kitab-kitab, risalah-risalah dan buku pelajaran di mahad Darul Atsar. Jazakumullahu Khoiron untuk Ikhwah di Mahad Darul Atsar, mari kita tingkatkan ilmu agama kita, amal ibadah kita dan kekuatan muslimin. Semoga bermanfaat.

Silahkan Komentar ... !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s