Hidup adalah Perjuangan

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Q.S. Al-‘Ankabut: 1-3).

Sehingga saudaraku …

Marilah kita ubah cara pandang kita. Lihatlah bahwa segala kesulitan yang kita hadapi sesungguhnya merupakan bentuk kasih sayang Allah. Semakin besar kesulitan, justru menandakan semakin besarnya kekuatan kita dalam menghadapinya. Allah memberikan ujian tersebut karena Ia tahu bahwa seberat apapun itu, insya Allah kita sanggup menghadapinya.

“Allah tidak membebani seseoarang melainkan sesuai kemampuannya” (Q.S. Al Baqoroh: 286).

Sehingga tidak sepantasnya kita cengeng, merasa sedih berlaru-larut ketika menghadapi kegagalan. Kita bisa belajar dari diri kita sendiri ketika masih kecil belajar bersepeda. Jatuh bangun, bahkan sampai terluka pun kita terus mencoba hingga akhirnya bisa. Lancar naik sepeda. Maka segala kegagalan yang menimpa kita, sejatinya mengajarkan kita untuk bangkit kembali dan menjadi lebih kuat.

Kegagalan perang Uhud tidak mengendurkan semangat para shahabat untuk terus istiqomah memperjuangkan Islam. Bilal bin Robah rodhiallahu’anhu tetap mengucapkan kalimat tauhid walau disiksa oleh majikannya. Dan keistiqomahan pun diajarkan Rasulullah sholallahu alaihi wasallam ketika beliau dilempari batu oleh penduduk Thoif. Begitulah saudaraku, Islam telah mendidik umatnya untuk selalu berdiri dan berjuang dalam menghadapi berbagai cobaan hidup ini.

Wallaahu ‘alam.

(Disadur dari majalah Tashfiyah hal 94).

2 thoughts on “Hidup adalah Perjuangan

Silahkan Komentar ... !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s